SISTEM PENDUKUNG PENGAMBILAN KEPUTUSAN

by - Juni 06, 2013

SISTEM PENDUKUNG PENGAMBILAN KEPUTUSAN

Target umum: hasil proyek ini akan diikutkan dalam kompetisi perangkat lunak antar mahasiswa Ikom & TI yang akan diselenggarakan pada akhir semester genap 2006/2007.

Dalam proses pengerjaan setiap tahap:
-          setiap kelompok wajib mengumpulkan laporan kelompok.
-          Setiap anggota kelompok wajib membuat jurnal pribadi secara tertulis, yang memuat hasil refleksi atas hal-hal yang dipelajari maupun proses yang dialami selama membuat proyek tahap tersebut.

Proyek tahap I ini merupakan bagian dari 4 tahap proyek mata kuliah PSI yakni:
          Tahap I         : Perencanaan Sistem
          Tahap II        : Analisa Sistem
          Tahap III       : Desain Sistem
          Tahap IV       : Implementasi Sistem

Tujuan proyek tahap I:
Ø  mengenali konteks organisasi (latar belakang, tujuan, struktur) yang menjadi klien dari proyek
Ø  mengidentifikasi masalah dari organisasi tersebut terkait dengan sistem yang akan dibangun
Ø  mengidentifikasi tujuan pengembangan sistem
Ø  menetapkan ruang lingkup sistem

Laporan proyek tahap I diketik dengan komputer dengan font 12 pt spasi 1,5.  Laporan dikumpulkan dan dipresentasikan di depan kelas pada pertemuan tanggal 8 Maret 2007.

Struktur laporan proyek tahap I

HALAMAN SAMPUL (warna biru)
     Memuat NAMA SISTEM, TAHAP dari laporan ini, NAMA KELOMPOK, NAMA ANGGOTA KELOMPOK serta NIM-nya

  1. LATAR BELAKANG
Ø  Menjelaskan hal-hal berikut ini:
§  gambaran umum organisasi yang akan dibuatkan sistemnya.
§  hal-hal yang melatarbelakangi perlu dibangunnya sistem yang dimaksud bagi organisasi tersebut.
  1. RUMUSAN MASALAH
Ø  Menjelaskan masalah (-masalah) yang akan diatasi melalui sistem tersebut.
  1. TUJUAN
Ø  Menjelaskan tujuan dibangunnya sistem tersebut.
  1. BATASAN MASALAH
Ø  Menjelaskan batasan sistem yang akan dibangun dengan cara mengidentifikasi siapa saja pengguna sistem tersebut serta fasilitas apa saja yang akan disediakan oleh sistem bagi setiap kelompok pengguna.
  1. METODOLOGI
Ø  Menjelaskan langkah-langkah yang ditempuh oleh kelompok Anda dalam menyusun laporan tahap I ini.
  1. DAFTAR PUSTAKA
Ø  Sebutkan referensi yang dipakai oleh kelompok Anda dalam menyusun laporan tahap I.
  1. LAMPIRAN
Ø  Berisi lampiran-lampiran yang memperjelas metodologi yang telah dipakai oleh kelompok Anda untuk menyelesaikan laporan tahap I (misal: daftar pertanyaan saat wawancara, kuesioner, dsb).


JJJ Do Better than Your Best !! JJJ

You May Also Like

0 comments